Senin, 10 Mei 2010

Menembus Wanawali- Cikadu


Antara desa Wanawali dan desa Cikadu dihubungkan dengan hutan jati yang lumayan luas. Jalan yang menghubungkannya bisa dilalui sepeda motor atau sepeda . Dibeberapa bagian jalan ini sudah dikeraskan dengan batu kali sebesar kepalan tangan orang dewasa. Rute ini lama kami ingin lewati, namun baru kemarin bisa terlaksana.
Gowes mulai memasuku jalan berbatu dan menanjak Citalang dan terus ke Selaawi. rute menanjak ini kami ukur sampai setinggi 100 meter . Perbedaan 100 meter tingkat ketinggian itu cukup menguras tenaga. Rute ini sangat bagus untuk dipakai bersepeda , rute ini benar- benar cross country . Disamping sepi, udara disini juga relatif segar. Sepanjang jalan yang kami lewati sebelah kiri posisi kami terdapat bukit bukit . Sampai desa Cibukamanah kami berhenti di sebuah warung untuk mengisi persediaan air dan menambah isi perut. Jalan yang terus menajak menguras tenaga kami.

Sepanjang yang telah kami lewati jalan nya cukup lebar , seukuran mobil kecil bisa melewati jalan ini. Namun kondisi jalan yang rusak tergerus air membuat hanya mobil tertentu yang bisa lewat di rute ini. Rute jalan dengan jalan berbatu dan menanjak baru berakhir ketika kami melewati lokasi SMPN 2 Cibatu. Dari jalan di atas bukit ini, kota Purwakarta dan desa desa sekitarnya bisa kita lihat dengan jelas.
Dari posisi teratas ini kita akan menikmati turunan panjang dan cukup curam sampai desa Wanawali. Enaknya turunan ini , jalannya sudah beraspal mulus .
Desa Wanawali kami tinggalkan ketika matahari belum di ubun ubun kepala. Memasuki hutan jati , kami menikmati sepenuhnya perjalanan ini. Tanjakan dan turunan silih berganti sampai menembus ke desa Cikadu. Rute ini bisa kami lihat dipeta kab. Purwakarta.Rasa penasaran melewati rute ini terbayar sudah . Terima kasih kepada teman kami kang Engkus yang menunujkan rute ini. Kang Engkus hapal rute ini karena sehari hari mengontrol jaringan tegangan tinggi. so pasti hapal dong kang tiap cek tiang jaringan selalu bawa GPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar