Jumat, 14 Mei 2010

Seatpost Macet


Susah saja. itulah kata yang bisa saya ucapkan ketika sebuah seatpost terjebak di tempatnya. Seatpost yang ngadat ini disebabkan berbagai sebab. salah satu yang paling parah adalah diameter pipa sepeda tempat seat post itu ditempatkan tidaksesuai dengan tiang sadle . ( susah sekali sih menggambarkannya) . Pokoknya begitu dech .
Usaha untuk mengeluarkannya bisa bermacam macam,dari yang paling sederhana dengan menariknya keatas , memberi cairan pelumas dan lain lain
Pengalaman yang tidak menyenangkan ini saya juga pernah alami. Seat post kesayangan saya yang ringan dan enak , terjebak di frame Scott yang baru saya dapatkan . Frame klasik scott saya dapatkan dengan susah payah tersebut hampir saja tidak bisa saya pakai mapai-mapai ke sekitar Purwakarta. Berbagai cara sudah saya lakukan antara lain dengan memberi minyak pelumas, minyak rem dan minyak minyak yang lain, sampai sampai minyak kayu putih pun saya tuangkan berharap seatpost bisa dikeluarkan.
Usaha yang paling ekstrim adalah dengan memanaskan frame tersebut dengan obor propana . sebenarnya tidak tega juga memperlakukan frame Scott USA Team dengan sarkas seperti itu.
Setelah hampir putus asa, akhirnya dengan usaha yang cukup keras , seatpost bisa saya keluarkan dengan memakai palu dan besi pengganjal untuk memukul seatpost ke arah luar.
Singkat kata seatpost bisa saya keluarkan walau tidak bisa dipergunakan lagi setelah sekitar hampir 1 jam saya terus menerus menghajarnya dengan palu.

2 komentar:

  1. Waduh, pada hal tinggal bawa ke tukang sepeda, bayar 10 rb aja broo

    BalasHapus
  2. walah seatpos ane juga sama baru dapat, udah ane kasih oli bekas. pake kunci pipa tetap gak bisa. rencana siang ini mau dibawa ke tukang sepeda biar minggunya bisa naik gunung

    BalasHapus