Kamis, 08 April 2010

Jangan Takut Tanjakan


Saya bukan jago tanjakan, saya bahkan tidak sama sekali berada pada rombongan depan ketika ada tanjakan .namun saya punya cara untuk nikmat gowes ditanjakan . saya lebih sering berada di urutan paling belakang ketika kami menggowes bareng. namun demikian saya tetap menyukai rute rute yang ada tanjakannya. Entah kenapa , yang jelas asyik saja bersepeda pelan banget sampai hampir sama dengan kecepatan orang berjalan kaki .
Menggowes sangat pelan dengan kecepatan 5 atau 6 km perjam adalah Andalan saya ketika menghadapi tanjakan panjang . Dengan cara ini kita bisa berlama lama di tanjakan dan Insyaallah sukses sampai diujung tanjakan dengan keadaan masih cukup fit untuk melanjutkan gowes.
Untuk bisa melaju dengan sangat pelan tersebut kita hanya butuh menempatkan rantai pada crank paling kecil dan gear belakan paling besar . ya 24 untuk depan dan 34 untuk belakang . bahkan teman teman sering meminta saya untuk memakai gigi yang kecil karena saya biasanya hanya memakai 3 gigi paling besar di gear belakang.
kalo Cara diatas belum bisa menyelesaikan tanjakan ada cara pamungkas. ga usah malu malu turun dari sadel. dan lakukanlah ritual nuntun.
namun sebelum senjata terakhir tersebut kita keluarkan , sebaiknya kita bersabar menghadapi tanjakan ,goweslah pedal senyaman mungkin, gunakan posisi duduk agak maju bahkan duduklah diujung depan sadel . Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar