Senin, 05 April 2010

Mengitip Trek Purwakarta Race 2010

Minggu kemarin kami berkesempatan mendatangi lokasi/ trek yang akan dipakai balap sepeda gunung pada bulan April 2010 ini. Saya tidak bisa mengatakan 100 % lokasinya di tempat tersebut namun dari tanda tandanya sih , betul lokasinya ada di tempat yang kami kunjung kemarin.
Lokasi Trek berada di Desa Ciputat. tepatnya masih dilokasi seputaran Jatiluhur juga. Untuk bisa sampai di lokasi tersebut kita bisa menuju desa Cilulumpang. Desa Cilulumpang ada di ujung/ mulut bandungan jatiluhur yang mengalirkan air ke sungai citarum menuju Karawang. Sayang kemarin saya tidak membawa GPS sehingga tidak bisa memberikan titik koordinatnya.
Menurut perkiraan kami lokasi star berada di sebelah jembatan Cilulumpang.Lokasi tersebut menyerupai lapangan yang tidak simentris , namun ideal untuk dijadikan sebagi starting locations. Dari titik start, saya perkirakan peserta akan disuguhi tanjakan sejauh 2 km dengan medan jalan beton mulus. Desa Ciputat ada dilokasi unjung tanjakan tersebut. ( bisa dibayangkan , start langsuing nanjak sejauh 2 kam ) . Diujung tanjakan rute belok ke kiri dengan medan tanah basah , ( lokasi ini ada bekas bekas kumpulan sapi/ kerbau sering melintas) Dari bekas tapak tapanya kita bisa lihat. Dimedan jalan tanah ini ada turunan panjang dan satu tanjakan sedang yang saya fikir merepotkan jika jalan baru diguyur hujan .
Sampai ujung jalan tersebut, ada belokan ke kiri trek dengan turunan tajam dan miring ke kanan dibawah pohon pohan yang siap menghadang kita. Dilokasi ini banyak goweser terjatuh dan tertimpa sepeda.
diujung turunan ada selokan kecil yang sudah diberi jembatan darurat dari anyaman bambu. Dari tanda adanya pembatas lintasan , trek turunan tajam dan miring ini sepertinya bakalan dipakai sebagai bagian lintasan.
Setahun lalu ketika pertama mencoba trek ini , tanda batas lintasan tersebut tidak ada.
dari sini rute bisa diarahkan ke kanan menuju pintu Dam dan belok kiri masuk rimbunan pohon pohon . Trek dibawah pohon ini cukup memiliki kesulitan . Ada lobang - lobang dan lintasan akar akar pohon. tentu seru jika kualifikasi sepeda dan kemapuan kita mumpuni untuk rute ini.
Selagi ada waktu cobalah rute ini. gambaran visual rute ini pernah kami postingkan di bawah judul "Patriot menapak batu belah ". disebelah kiri gambar tersebut rute turunan miring yang sering makan korban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar