Jumat, 09 April 2010

Jangari Sebuah Potensi


Nama jangari sebelumnya belum saya kenali. Entah Apa yang ada di lokasi tersebut. Hanya beberapa goweser saja yang tahu tempat apa Jangari tersebut. Namun itulah Takdir , tadinya saya tidak menyangka bakal sampai disana.
Melewati batas wilayah Purwakarta Cianjur , kita akan sampai di Cikalong . Cikalong ini adalah pertemuan jalur dari Purwakarta ke Cianjur dan Bekasi ke Cianjur. Jujur saja Dari mulai Dam Cirata sampai Cirama Girang , saya tidak menjumpai angkutan umum , entah karena hari itu adalah hari Minggu atau saya yang kurang cermat tetapi jalannya sangat sepi.
perut terasa lapar ketika sudah mendekati puncak sebuah gunung / bukit yang cukup menguras tenaga untuk melaluinya. beruntung di sisi kanan Pal batas terdapat sebuah warung yang cukup lengkap dagangannya. Gorengan panas , fresh dari wajan bukan dari oven hanya Rp. 500 ,00 per potong. Dasar sudah lapar aku makan beberapa potong. Sayangnya ketika lagi lapar laparnya, Nasi putih belum tersedia. Si penjual mengatakan Maaf nasinya belum matang.
Selesai makan gowes saya teruskan, saya harus menyusul teman teman yang sudah di depan .Setelah melewati cikalong dan hampir mencapai kota Cianjur, di situ terdapat pertigaan yang memisahkan jalan menjadi tiga arah, Cianjur, Bandung dan Jangari.
Pukul 16 :00 tiba di Jangari, sebuah perkampungan di danau Cirata.Di sana terdapat banyak sekali jaring apung , Airnya yang tawar cocok untuk membiakkan beberapa jenis ikan air tawar. Beberapa Mobil Pick Up Hilir mudik mengambil hasil budidaya ikan dan beberapa lagi bergiliran menyerahkan benih ikan yang akan di biakkan di sini.
Untuk Bisa ke lokasi jaring apung , kita bisa naik ojeg perahu, yang diberi tarip Rp. 5.000,00 per penumpang.
Sesekali perahu juga mengangkut makanan ikan untuk di antar ke jaring apung yang ada disini.
Saat kami datang volume air Waduk Cirata sedang penuh, beberapa rumah makan dan fasilitas yang ada di pinggiran Waduk Cirata terendam air. Rasanya tidak cukup sekali untuk berkunjung ke sini. Jangari kami ingin datang sekali lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar