Rabu, 10 Maret 2010

Mendaki Ke Kawah Kamojang


Kawah kamojang adalah tujuan kami jauh jauh dari Purwakarta ke Kabupaten Garut. Setelah istirahat semalaman , tenaga kami sudah siap untuk menggowes ke kawwah kamojang. Kawah Kamojang ini terletak di kabupaten Bandung . Bisa ditempuh dengan dua cara. Cara yang pertama , kita bergerak dari arah Majalaya Bandung. Cara yang kedua melalui Samarang Kabupaten Garut.
Malam hari sebelum keberangkatan kami , terlebih dahulu kami tentukan rute yang akan kami tempuh. Setelah mengoprek rute lewat GPS , akhirnya kami putuskan gowes kali ini melalui Samarang menuju desa Laksana, dimana Lokasi Gunung Guntur tempat Kawah Kamojang berada.
Tantangan pertama adalah melewati sebuah bukit setelah kec. Kadungora menuju tarogong . Bukit dengan ketinggian 100 meteran ini sukses kami lewati. Selesai melewati tanjakan setinggi 100 meter tersebut , akan memudahkan kami mencapai Tarogong.
Jalan dengan kecenderungan menanjak dengan sudut kecil akan membawa kita mencapai kecamatan Samarang. Dirute ini lalu lintas cenderung sepi. Kami tidak kesulitan mencapai Samarang . Walaupun untuk mencapai samarang ini, kita harus melewati tanjakan bukit Alamanda. Namun tanjakan kecil tersebut semakin membuat rute ini pantas untuk dicoba.
Mencapai Samarang, kawah Kamojang semakin kelihatan kepulannya. Dari kejauhan memang terlihat asap membumbung dari badan badan gunung.
Jika waktu kita berlebih , kita bisa mampir dulu dibeberapa lokasi menarik didaerah ini. Sejak dari Tarogong kami selalu diingatkan oleh sebuah pemberitahuan bahwa lokasi Mulih k desa ada dijalur ini. Selain Mulih K' desa kita juga bisa menengok kampong Sampireun .
Dari Samarang ini sudut tanjakan sudah mulai terasa, jarak yang tersisa di rute ini kira kira 14 km. lumayan jauh . jarak sejauh itu semuanya tanjakan . silakan dibayangkan sendiri. Sebuah bukit dengan ditandai symbol bukit akan kita temui sebelum meelwati tanjakan sejauh 14 km.
Beberapa kali saya turun dari sadel , bukan untuk interval, tetapi ban terasa lengket dengan aspal , Harus mendorong sepeda untuk melewati rute ini.
Sambil gowes kita akan menyaksikan tanama sayur kol dan sejenisnya berada di kanan dan kiri jalan. Berapa industri penyulingan akar wangi juga bisa kita temui dirute ini.
Desa laksana kami capai pukul 12 siang . kami sempatkan sholat di Masjid pertamina geothermal ini. Usai sholat kami lanjutkan perjalanan dan akhirnya mencapai pos penjagaan Kawah Kamojang.
Kawah Manuk, Kawah Barecek, Kawah Kereta Api dan Kawah Hujan bisa kita temui di lokasi ini. Ketinggian lokasi ini menurut data yang say abaca adalah 1730 m dpl.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar