Minggu, 10 Mei 2009

Ekspedisi Gunung Sembung


Gunung Sembung adalah sebuah gunung di daerah Purwakarta. Disana terdapat pertambangan golongan C berupa batu belah . Gunung Sembung berada di ketinggian 311 mdpl. Untuk mencapai gunung sembung kami bisa mengambil rute Cibinong Jatiluhur.
Perjalanan dimulai dari base camp kami di Situ Buleud Purwakarta. Minggu 10 Mei 2009, 12 orang mulai menggowes sepedanya menuju Stasiun Ciganea. Di Staiun Ciganea rombongan berhenti sebentar untuk menunggu teman kami Bp Rahmat yang berbadan tinggi .
Dari Ciganea ini rombongan menyusur tepian jalan kereta menuju daerah Pasir Ipis. Dari Ciganea ini rute naik dan turun atau menyerupai huruf U. dan terdapat turunan yang cukup tajam menjelang desa Cibinong. Beberapa anggota Patriot pernah mencium tanah di jalur ini .
Setelah melewati sungai dengan melalui jembatan bambu single trek kita akan menemui medan off road yang cukup menantang. Tanjakan cukup tajam sampai-sampai ban roda depan terangkat . Dua tanjakan dengan jalur tunggal/ single trek tersebut mengantar kita ke jalan berbatu menurun cukup tajam dan berakhir di tepian danau Jatiluhur.
Dari tepian danau ini terdapat sawah sawah yang habis dipanen, dan kita bisa melihat puncak gunung Sembung yang hampir hilang . Dari kejauhan tampak Gunung sembung sudah terbelah oleh aktifitas penambangan batu. Dari titik ini Gunung Sembung kami daki. Setapak demi setapak ban bergerak dan akhirnya pukul 11: 00 gunung sembung kami lewati.
Setelah gunung Sembung rute menurun dari Malang Nengah, Stasiun Sukatani dan finish lagi di Purwakarta jam satu siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar