Selasa, 08 Maret 2011

Cihanjawar - Pasanggrahan


Kedua desa ini ada di ujung kabupaten Purwakarta. Kedua desa ini ada di lereng pegunungan Burangrang . berada di Ketinggian 900 mdpl sangat menantang untuk didatangi.Berbekal info dari Wikimapia tentang lokasi kedua desa itu berada maka kami bulatkan tekad untuk sampai kesana.
Jalan yang kami ambil adalah jalan terusan Kapten Halim melewati Pasawahan , Pondok Salam , Sukadami, Legokhuni, Wanasari , Wanayasa dan seterunya belok ke kanan melewi Cibuntu.
Suhu terasa sejuk ketika ketinggian sudah mencapai 600 mdpl di sekitar desa legokhuni. Udara yang sejuk ini cukup mengibur , karena tanjakan panjang sudah berakhir. tanjakan setinggi 400 meter sudah berahasil kami lalui. Terus terang saja kami baru bisa bertahan di interval 300 meter saja. kami beri kesempatan menyegarkan otot otot yang sudah mulai menegang. saya sendiri cukup puas dengan tambahan 100 meter dari sebelumnya hanya bisa mencapai perbedaan ketinggan 200 meter untuk satu tanjakan tanpa henti. di rute ini kami bisa naik kelas ke 300 meter .
Dari Wanayasa ke Pasanggrahan melewati jalan bersebelahan dengan pondok pesantren Al-hikam kami terus naik samapi kehabisan bekal air minum. matahari yang sudah hampir ditengah cakrawala membuat kulit kami makin hitam dan memaksa kami berhenti di ketinggian 750 mdpl. Sekalian makan dan sholat dluhur kami berhenti di Desa Sakambang. Jalan Desa ini cukup halus, bergantian antara jalan aspal dan jalan berbahan semen . Disi kanan jalan, suara air sungai sangat menggoda kami untuk berhenti dan menceburkan diri ke dalamnya. Disebelah kiri jalan , lereng dengan padi menguning siap panen serta beberapa tanaman sayuran sangat indah dan sayang kalau dilupakan.
Sungguh pembangunan yang dilakukan tidak sia sia, jalan desa ini buktinya, halus dan mulus. kami terus naik menyusuri jalan dengan tumbuhan pohon teh disisi kanan dan kiri jalan. Titik terakhir tanjakan ternyata bersebelahan dengan sebuah pemakaman desa. setelah itu tanjakan berakhir. GPS menunjuk angka 900 mdpl. sebelah kiri kantor desa Cihanjawar, sebelah kanan kantor desa Pasanggrahan .
Kami memilih kantor desa Pasanggrahan dan terus mengikuti jalan menuju Cikeris dan kembali ke Wanayasa, menyusuri jalan menurun ke Purwakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar