Jumat, 27 November 2009

Lampu Hemat Biaya


Lampu hemat biaya ,merupakan lampu sepeda perpaduan Motor DC /dinamo cap gajah buatan RRT yang handal dan head lamp tanpa merk yang sebenarnya diperuntukkan mobil. Tertarik dengan bentuk lampu extra yang harganya lebih rendah dari lampu cap gajah .
Instalasi lempu dan sumber energi tersebut cukup mudah .Hanya tempat yang perlu disesuaikan. Biasanya Dinamo ditempatkan di garpu sepeda untuk digerakkan dengan roda depan . Untuk MTB agak beda ,maka posisi dinamo pindah di bagian seat stay kanan ,sedikit diatas rantai. Ga pa pa yang penting berfungsi.
Head lamp yang berdaya besar yaitu 55 watt perlu disesuaikan dengan power maximal dinamo cap gajah,bola lampu bawaan perlu kita ganti yang dayanya lebih kecil.
Pilihan jatuh pada bola lampu tail lamp mobil. sedikit lebih kecil. Ukuran daya tidak terbaca lagi karena bola lampu /dop yang ada kebetulan barang lama .
Selesai memasang dop pada tempatnya ,dinamo saya hidupkan dan pedal saya putar, Wah Head lamp memancarkan sinar cukup jelas. Pemasangan saya nilai berhasil, tinggal menguji ketahanan bola lampu yang telah terpasang tersebut.
Untuk memasang alat campuran ini saya tidak mengeluarkan biaya lebih dari rp. 45000. silahkan goweser sekalian mencoba pada tunggangannya.
Lampu hemat , green energi .Lebih hemat dari lampu sepeda manapun ,karena ini lampu paling tua yang saya kenal.

Malam hari pengetesan lampu pun saya lakukan , total jarak perngujian mencapai 7 km , sejauh ini daya tahan bola lampu yang saya ketahui buatan stanley cukup bagus. Hanya saja sesuai dengan sifat hematnya , kekuatan lampu belum terukur sepenuhnya . Cahaya motor dan lampu penerangan jalan cukup membuat pudar kekuatan lampu ini.
berikutadalah kit yang saya pakai untuk merakit lampu ini.
1. Dinamo elephant 6 watt, 12 vot max
2. bohlamp. stenley 5 watt 12 volt
3. lampu kabut mobil generik
4. rumah lampu / fitting stenley
5. kabel secukupnya
6. bracket

3 komentar: